Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Bidang / Sarana, Prasarana dan Penyuluhan

Sarana, Prasarana dan Penyuluhan

Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan adalah unsur pelaksana di bidang sarana, prasarana dan penyuluhan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan dipimpin oleh Kepala Bidang.

Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan mempunyai tugas melaksanakan perumusan rencana, pengoordinasian, pelaksanaan kebijakan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi lahan dan irigasi, pupuk, pestisida dan alat mesin pertanian serta penyuluhan dan pembiayaan.

Dalam melaksanakan tugas Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan menyelenggarakan fungsi:

  • penyusunan kebijakan di bidang prasarana, sarana, dan penyuluhan pertanian;
  • penyusunan program pertanian;
  • penyediaan dukungan infrastruktur pertanian;
  • pengembangan potensi dan pengelolaan lahan dan irigasi pertanian;
  • penyediaan dan pengawasan peredaran pupuk, pestisida, serta alat dan mesin pertanian;
  • pemberian bimbingan pembiayaan pertanian;
  • pemberian fasilitasi investasi pertanian;
  • melakukan bimbingan dan penguatan kelembagaan pertanian;
  • melakukan bimbingan dan peningkatan kapasitas ketenagaan penyuluhan pertanian;
  • pemantauan dan evaluasi di bidang prasarana, sarana dan penyuluhan pertanian; dan
  • pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

    Seksi pada Bidang Sarana, Prasarana, dan Penyuluhan dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Sarana, Prasarana, dan Penyuluhan.
    Seksi Lahan dan Irigasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi penyediaan lahan, jalan usaha tani dan jaringan irigasi tersier, penyusunan peta pengembangan, rehabilitasi, konservasi, optimalisasi dan pengendalian lahan pertanian, penyiapan bahan pengembangan tata ruang dan tata guna lahan pertanian, bimbingan pemberdayaan kelembagaan pemakai air dan penyediaan pendukung infrastruktur pertanian.
    Seksi Pupuk, Pestisida dan Alat Mesin Pertanian mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi penghitungan, penjaminan mutu, pengawasan peredaran dan pendaftaran pupuk dan pestisida, penyediaan alat dan mesin pertanian.
    Seksi Penyuluhan dan Pembiayaan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembiayaan dan investasi, kelembagaan, pengembangan dan pengelolaan sistem manajemen informasi di bidang penyuluhan pertanian.