Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

        Pada hari ini Rabu tanggal 13 September tahun 2017 dinas pertanian dan pangan mengirimkan petani untuk melakukan kunjungan ke Yogjakarta di Kelompok Usaha Bersama (KUB) TIWI MANUNGGAL Desa Hargowilis Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Produk yang dihasilkan oleh KUB tersebut adalah gula organik dan sudah di ekspor Eropa, Prancis, Belanda, Malaysia dan Singapura. KUB tersebut juga telah memiliki sertifikat organik dan memiliki kapasitas produksi 50 ton per bulan. KUB yang beranggotakan 934 orang berlokasi di dua desa yaitu desa Hargowilis dan desa Hargotirto.

        Peserta kegiatan terdiri dari petani gula semut dan petugas dari dinas pertanian dan pangan kabupaten kebumen. Jumlah peserta yang berangkat sebanyak 25 orang, terdiri dari 20 petani dan 5 petugas dari kabupaten. Petani yang mengikuti kegiatan ini yaitu 5 orang dari kec. petanahan, 3 orang dari kecamatan puring, 6 orang dari kec ayah, 2 orang dari kec rowokele, 2 orang dari kec sempor, 2 orang dari kec karanganyar dan 5 orang petugas dari kabupaten sebagai pendamping.

        Gula semut merupakan gula merah dalam bentuk bubuk, dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon Kelapa atau pohon aren (enau). Karena kedua pohon ini masuk jenis tumbuhan palmae maka dalam bahasa asing, secara umum gula semut hanya disebut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.

        Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen (Ir. Pudjirahaju) “Dengan kegiatan ini, diharapkan petani mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas gula semut yang dihasilkan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dari petani tersebut”.

        Permintaan akan gula semut terus meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga perlu dilakukan pelatihan pembuatan gula semut yang baik sehingga hasilnya bisa diterima pasar. Gula semut banyak memiliki manfaat yaitu Sebagai pengganti gula pasir dan sangat nikmat bila dipakai sebagai pemanis minuman teh dan kopi. Selain glukosa, terdapat protein kasar, mineral, vitaminC, riboflavin, thiamine, fosfor dan calsium. Gula semut juga dapat digunakan sebagai penguat rasa dan penguat khasiat minuman kesehatan. (adm.17)