Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Panen Raya Jagung Bersama Bupati Kebumen

Berita Terbaru 02 Oktober 2017 17:26:06 WIB Administrator dibaca 121 kali

Kebumen 30/09/17. Di akhir bulan september Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen melakukan kegiatan panen jagung bersama bupati kebumen. Kegiatan dilakukan di kelompok Tani Makmur Desa Ambalkumolo, Kecamatan Buluspesantren. Panen raya jagung tersebut dilaksanakan berkaitan dengan acara Farmers Fiield Day (FFD) atau temu lapang petani yaitu pertemuan  antara petani dengan dinas / instansi terkait, untuk saling tukar menukar informasi dan menyebarluaskan tentang apa yang harus diterapkan melalui demonstrasi usaha tani yang dihasilkan serta umpan baliknya.

Kegiatan panen raya jagung ini selain di hadiri oleh Bupati Kebumen Ir. H. Mohammad Yahya Fuad,SE juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen, Kapolres Kebumen, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen, , Dispermades P3A Kabupaten Kebumen, Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kebumen, Bagian Protokol Kabupaten Kebumen, Muspika Kecamatan Buluspesantren dan Kecamatan Mirit, Kepala Desa Ambalkumolo, dan Kelompok Tani Makmur Kecamatan Buluspesantren.

Bupati Kebumen dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia bisa memenuhi kebutuhan jagung dalam negeri jika petani jagung mau menggunakan teknologi dalam bertani. Harapan bupati kebumen, dengan teknologi yang telah telah diaplikasikan oleh petani kebumen, bisa meningkatkan produksi pertanian, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan petani. kedepan, bisa mengembangkan tanaman jagung manis di daerah tersebut, dikarenakan daerah tersebut dekat dengan kawasan wisata.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Ir. Pudjirahaju, sebelumnya petani memanen dengan cara konvensional saat ini dikenalkan dengan teknologi baru menggunakan alat panen jagung modern Corn Combine Harvester .Dengan menggunakan Corn Combine Harvester, petani menjadi dimudahkan dalam penanganan pasca panen. Pada saat yang bersamaan Kabupaten Kebumen juga mendapatkan bantuan alat tanam jagung dan Kedelai sehingga untuk musim tanam yang akan datang bisa segera dimanfaatkan.

Luas area tanaman jagung di Desa Ambalkumolo adalah 30 Ha. Varietas jagung yang ditanam adalah varietas Bisi 2  panen jagung menggunakan Corn Combine Harvester hasilnya cukup baik karena bisa mengurangi dampak kehilangan hasil, Total luas lahan pada kecamatan Buluspesantren adalah 440 Ha. tanaman jagung yang ada merupakan bibit bantuan dari pemerintah pusat yang anggarannya dari APBN. (adm)